Bagaimana cara memasuki BIOS laptop saya



Zata USBoot - Saat Anda mengalami bug komputer yang mengganggu atau perlu memodifikasi perangkat keras CPU untuk prosesor yang baru ditingkatkan, Anda memerlukan akses ke BIOS komputer Anda.

Sebelum menggunakan Zata USBoot pastikan sudah mengatur USB sebagai booting utama, berikut ini artikel yang akan membahas memasuki BIOS pada setiap merk laptop.

Metode 1: Gunakan hotkey saat boot-up

Ini mungkin terlalu cepat untuk Anda sadari, tetapi PC Anda menjalani proses POST yang cepat agar layar pengaktifan Anda dimuat secepat mungkin. Juga di dalam jendela dengan waktu yang ketat ini Anda dapat mengakses BIOS Anda dengan mengklik hotkey yang ditunjuk PC Anda.

Berikut ini beberapa hotkey umum untuk beberapa produsen laptop.

Acer: F2 atau DEL

ASUS: F2 untuk semua PC, F2 atau DEL untuk motherboard

Dell: F2 atau F12

HP: ESC atau F10

Lenovo: F2 atau Fn + F2

Lenovo (Desktop): F1

Lenovo (ThinkPads): Masuk + F1.

MSI: DEL untuk motherboard dan PC

Microsoft Surface Tablets: Tekan dan tahan tombol volume atas.

Samsung: F2

Sony: F1, F2, atau F3

Toshiba: F2

Menekan hotkey BIOS yang Anda tetapkan saat komputer Anda memasuki boot akan menuju utilitas pengaturan BIOS yang Anda cari. Misalnya, pada HP Pavilion, HP EliteBook, HP Stream, HP OMEN, HP ENVY, dan lainnya, menekan tombol F10 tepat saat status PC Anda muncul akan membawa Anda ke layar pengaturan BIOS. Jadi ada beberapa laptop yang harus menekan Fn+HotKey yang menuju BIOS, jika sudah masuk BIOS silahkan dimatikan saja fitur Fn ini.

Beberapa produsen memerlukan penekanan hotkey berulang, dan beberapa memerlukan tombol lain untuk ditekan selain hotkey. Untuk melengkapi diri Anda dengan informasi yang paling akurat, periksa dengan manual pengguna PC Anda atau situs web produsen.

Metode 2: Gunakan menu mulai Windows 10

Karena komputer telah menjadi lebih maju secara teknologi dari sebelumnya, mereka melakukan booting dalam hitungan detik di depan mata kita. Ini menyisakan sedikit ruang untuk menekan tombol pintas apa pun dan dapat membuat mereka yang ingin masuk ke pengaturan BIOS bingung.

Untuk pengguna PC yang tidak dapat menangkap jendela kecil itu untuk menggunakan hotkey mereka, metode memasuki BIOS ini dapat diselesaikan melalui pengaturan komputer Anda.

Langkah 1. Akses pengaturan Windows Anda

Arahkan ke menu mulai Windows Anda dan pilih "Pengaturan" yang terletak di panel kiri. Anda juga dapat mengakses pengaturan Windows Anda dengan menggunakan tombol pintas Windows Windows + I.

Langkah 2. Pilih “Perbarui & keamanan”

Di dalam jendela ini, Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan tombol “Perbarui & keamanan”.

Langkah 3. Pilih "Pemulihan"

Langkah 4. Klik "Mulai ulang sekarang"

Di bawah "Advanced startup" Anda akan melihat tombol "Restart now" yang memungkinkan Anda untuk me-reboot PC Anda untuk konfigurasi atau pemulihan.

Setelah PC Anda boot kembali, Anda akan bertemu dengan menu khusus yang memberi Anda opsi untuk "Gunakan perangkat," "Lanjutkan," "Matikan PC Anda," atau "Pemecahan masalah."

Langkah 5. Pilih "Pemecahan Masalah"

Di dalam jendela ini, pilih "Opsi lanjutan" lalu pilih "Pengaturan Firmware UEFI." Ini akan memungkinkan Anda untuk masuk ke BIOS pada PC Windows 10 Anda.

Langkah 6. Konfirmasikan restart Anda

Jika PC Anda menjalankan Windows 8.1 atau Windows 8, metode ini juga akan berfungsi untuk sistem operasi lama Anda.

Cara mengakses Windows 7, Vista, dan XP BIOS

Metode yang sama dengan menekan hotkey yang Anda tentukan selama boot-up seharusnya dapat memberi Anda akses ke BIOS Anda. Pastikan untuk menekan tombol itu segera setelah Anda melihat logo merek pabrikan Anda.

Sistem operasi yang lebih lama cenderung memuat lebih lambat, sehingga jendela waktu Anda untuk menekan hotkey yang ditentukan harus cukup lebar untuk akses BIOS yang cepat. Ikuti metode tiga langkah ini untuk masuk ke BIOS pada Windows 7 atau yang lebih baru.

Langkah 1. Matikan komputer Anda

Pada sistem operasi yang lebih lama, Anda hanya dapat mengakses BIOS tepat sebelum logo Microsoft Windows muncul di layar komputer Anda.

Langkah 2. Nyalakan PC Anda

Langkah 3. Tekan tombol pintas BIOS

Satu penekanan tombol atau kombinasi tombol yang ditekan akan membuka BIOS pada PC Anda. Seringkali komputer Anda akan menunjukkan pada layar pengaktifan tombol atau tombol mana yang perlu ditekan untuk masuk ke BIOS.

Saya tidak dapat mengakses BIOS, apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda masih kesulitan mencari cara untuk masuk ke BIOS pada komputer desktop Windows 10 Anda, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam kesulitan.

Apakah startup Anda terlalu cepat atau Anda mencurigai virus telah menyerang perangkat keras Anda, Anda memerlukan akses ke BIOS Anda sesegera mungkin. Untungnya, kami memiliki apa yang Anda butuhkan. Coba dua metode pemecahan masalah ini untuk mendapatkan akses ke BIOS Anda.

Metode pemecahan masalah 1: Nonaktifkan startup cepat

Jika PC Anda menyala terlalu cepat sehingga Anda tidak tahu kapan harus menekan hotkey BIOS Anda, pengaturan waktu Anda mungkin membuat Anda tidak dapat mengakses BIOS PC Anda.

Untuk memperlambat waktu boot Anda dan membuka jendela Anda untuk menekan hotkey, Anda harus menonaktifkan startup cepat. Untuk melakukan ini:

  1. Temukan "Opsi daya" di panel kontrol Anda
  2. Tekan "Pilih apa yang dilakukan tombol daya" di panel kiri (Anda akan melihat bahwa pengaturan penonaktifan adalah semua berwarna abu-abu dan tidak tersedia untuk dimodifikasi)
  3. Tekan "Ubah pengaturan yang saat ini tersedia" yang terletak di atas tombol daya dan pengaturan tutup (ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus centang atau mencentang kotak untuk mengubah pengaturan penonaktifan Anda)
  4. Hapus centang "Aktifkan startup cepat"
  5. Coba restart PC Anda dan masuk ke BIOS dengan hotkey Anda lagi

Metode pemecahan masalah 2: Gunakan disk boot darurat

Jika PC Anda menolak untuk masuk ke BIOS atau memberi Anda layar biru kematian yang ditakuti, Anda bisa menghadapi kegagalan boot. Untuk mengakses BIOS, Anda dapat mencoba menggunakan disk boot darurat untuk menghidupkan kembali PC Anda melalui drive USB.

Setelah drive USB boot, Anda harus dapat memilih perangkat boot saat startup.

1. Klik "Perbaiki komputer Anda" alih-alih tombol "Instal sekarang" di tengah

2. Klik “Pemecahan Masalah”

3. Klik “Pengaturan Firmware UEFI”

4. Klik “Mulai Ulang”

Jika tidak ada yang berhasil, Anda mungkin perlu mencari spesialis perbaikan komputer di daerah Anda untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

0 Komentar

Silahkan chat kami untuk pemesanan

Chat Customer Service
Close and go back to page