Apa sih itu UEFI



Zata USBoot - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai BIOS yang sudah mendukung UEFI, Apa itu UEFI, pengertiannya dan pembahasannya akan kita bahas disini.

UEFI Merupakan Bagian Dari BIOS

BIOS adalah kependekan dari Basic Input-Output System. Ini adalah software berbahasa rendah (bahasa mesin) yang telah terintegrasi didalam CHIP semua Motherboard komputer. Digunakan sejak 1979 BIOS biasanya akan secara otomatis tampil ketika komputer dinyalakan, dan BIOS inilah yang bertanggung jawab untuk istilahnya itu membangun-kan hardware yang sedang dalam kondisi mati. BIOS juga memastikan hardware dapat berfungsi dengan baik antar satu dengan lainnya, dan selanjutnya memastikan bahwa hardware dapat menjalankan Sistem Operasi dengan lancar.

Yang paling menonjol daripada kelebihan UEFI dengan CSM/LEGACY adalah pada kecepatan proses bootingnya. Yang mana apabila komputer masih menggunakan teknologi CSM/LEGACY diperlukan waktu booting hingga hitungan menit, namun dengan UEFI proses booting ditempuh hanya dengan waktu kurang dari 5 detik saja.

Informasi Mengenai UEFI

UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI merupakan teknologi terbaru berupa firmware interface pada sebuah komputer modern yang dibuat guna menggantikan fungsi dari BIOS. Sejarah kemunculan UEFI bermula dari terobosan yang dilakukan oleh perusahaan hardware terbesar yaitu Intel, yang pada saat itu teknologi ini oleh Intel diberinama EFI (EFI singkatan dari Extensible Firmware Interface). Lalu seiring perkembangan, EFI kemudian diambil alih segi pengembangannya oleh sebuah group perusahaan yang terdiri dari 140 anggota yang kemudian diberilah nama Unified EFI atau populer saat ini menjadi UEFI.

Kelebihan BIOS UEFI adalah

  • Mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk hardware sehingga dapat berkomunikasi dengan firmware.
  • Firmware yang programmable, yang berarti si manufaktur hardware bisa menambahkan driver hardwarenya langsung pada BIOS UEFI.
  • Tampilan visual menjadi lebih user friendly, sehingga mudah dalam pengoperasian beberapa sistem dapat menggunakan mouse atau touchpad.
  • Keamanan pada UEFI untuk hardware lebih kuat bila dibandingkan dengan BIOS. UEFI mampu melindungi pre-startup, pre-boot, dan process lainnya dari serangan bootkit.
  • Dukungan pada media penyimpanan atau Hard Disk yang lebih besar hingga mampu menjalankan harddisk berkapasitas lebih dari 2.2 TB.
  • UEFI memiliki kemampuan yang sangat cepat untuk menjalankan komputer dari keadaan mati (startup) dan proses resume ketika kondisi komputer hibernate.
  • Dukungan sempurna pada perangkat 64bit.
  • UEFI memiliki komunikasi yang lebih baik dengan hardware dan firmware. Misalnya saja dia tidak memerlukan boot sector (MBR) di hardisk. 
  • UEFI mendukung driver perangkat 64-bit sehingga bisa mengalokasikan hingga 17.2 Milyar GB memory saat startup.



0 Komentar

Terbaru

Silahkan chat kami untuk pemesanan

Chat Customer Service
Close and go back to page